CURRICULUM

MOTION DESIGN

Mempelajari bagaimana menerapkan visi artistic Anda dengan spectrum tanpa batas mengeksplor desain digital untuk web, mobile, tablet serta game dan media elektronik maupun cetak. Anda akan fokus pada penciptaan ide ide besar, melaksanakan dalam proyek sesuai dengan arahan tren saat ini, teknologi yang berkembang dan mindshare konsumen. Anda akan bekerjasama dengan para pemimpin perusahaan, bekerja secara langsung dengan klien. Tentu Anda akan selalu mendapatkan bimbingan dari dosen dan mentor industri untuk mendapatkan arah desain baru untuk menjadi pemimpin di industri digital design.

Anda akan belajar mengapa penting untuk memahami motovasi utama dari audiens Anda, untuk menciptakan produk yang diinginkan yang memenuhi sisi kebutuhan mereka saat ini dan masa depan.  Anda akan belajar untuk menavigasi dan mengelola setiap kendala teknis pada proyek dengan mempertimbangkan keberlangsungan bisnis dan merek. Anda juga mempelajari tools desain terbaru, teknik serta pendekatan yang meningkatkan kapasitas Anda dalam desain serta mengeksekusi proyek-proyek yang lebih kompleks dan besar.

 

Trimester 1

Definisi Instruksional

 

Understanding Fundamental Design Approaches


Trimester 1 ini membawa Anda dalam keterampilan, teori, dan teknik yang Anda butuhkan untuk memahami dasar-dasar Desain Digital. Anda belajar untuk menerapkan pendekatan literasi desain dan perawatan dalam kaitannya dengan berbagai media. Kompetensi inti yang dibangun adalah untuk mengidentifikasi sasaran,  pitching concepts, pra-visualisasi, komposisi, storytelling, developmental constraints, prinsip interaktif, dan alur kerja pascaproduksi. Anda mengembangkan pemahaman yang kuat tentang, pendekatan tools dan peluang karir dalam tiga spesialisasi: Communication Design, Interactive Design, dan Motion Design.

 

Kurikulum

  • User Experience
  • Storyboarding & Pre-visualization
  • Motion Design 1: Bumper
  • Communication Design 1: Core Principles
  • Composite 1 : Animation & Basic Effects
  • Interactive Design 1: Interface Principles
  • 2D Graphics 1: Photoshop
  • Industry & Career Preparation 1: Career Opportunities
  • Project Management 1: Presentations & Team Dynamics

 

 

Trimester 2

Deskripsi Instruksional

 

Managing More Complex Technical Projects

 

Trimester 2 akan memperluas pengetahuan Anda  pada ideation techniques, arsitektur interaktif, dan penerapan prinsip-prinsip desain visual. Anda akan belajar dasar-dasar tipografi dan desain cetak, serta mendapatkan pengetahuan tentang manajemen proyek, media sosial dan blogging essentials. Anda akan menitikberatkan pada desain responsif dengan menciptakan dan interpreting wireframes, menghasilkan desain antarmuka, menciptakan bahasa dan style proyek Anda.

Anda dapat menganalisa kendala teknis dengan lebih canggih dengan memperdalam pemahaman Anda tentang , juga lebih memperdalam penekanan pada pencahayaan, chroma keying dan teknik animasi canggih untuk desain gerak. Di sini, Anda akan menghasilkan portofolio pertama Anda  dan berpartisipasi dalam Digital Design Slam pertama Anda, bekerja dengan tim yang terdiri dari mahasiswa lintas program untuk menghasilkan karya monumental dalam prespektif waktu tertentu.

 

Kurikulum

  • Interaction Design 2: Devices
  • Interface Development 2: CSS & Wordpress
  • Motion Design 2: Light, Camera, Interpolation
  • Composite 2 : Composite Film
  • Creative Methodologies 1: Applying Design Frameworks
  • Communication Design 2: Typography
  • Industry & Career Prep 2: Establishing a Voice
  • Project Management 2: Traditional Frameworks

 

 

Trimester 3

Deskripsi Instruksional

 

Creating Big Ideas Within Design Constraints

 

Anda akan mempelajari topik yang lebih maju tentang proses desain dengan menggunakan tools yang semakin canggih.  Anda belajar untuk mengelola proyek-proyek melalui penerapan cerdas teknik manajemen proyek  dan manajemen scrum. Anda terus membangun portofolio Anda dengan memberikan tiga proyek individu tambahan: 1) Sebuah proyek branding yang menangani strategi bisnis lokal , 2) A motion broadcast package, dan 3) Sebuah desain informasi untuk perangkat mobile dan tablet.

Anda juga melakukan kunjungan ke berbagai lembaga desain.

 

Kurikulum

  • Creative Methodologies 2 : Graduate Project Definition
  • Big Idea, Clients & Collaborations
  • Communication Design 3: Branding
  • Information Architecture 2 : Responsive & Mobile Devices
  • Motion Design 3 : Broadcast Packages
  • 3D Graphics 1 : Modeling & Materials in Blender
  • Industry & Career Preparation 3 : Design Career Paths
  • Project Management 3 : Agile Methodologies

 

 

Trimester 4

Deskripsi Instruksional

 

Specialization & Expanding Your Portofolio

 

Pada trimester ini Anda telah berada pada spesialisasi. Oleh karenanya Anda akan banyak menciptakan karya untuk memperkaya portofolio Anda. Anda memiliki pilihan untuk memperdalam pengetahuan  tentang merek, memperkuat prinsip-prinsip gerakan desain dengan menciptakan title sequence, mengeksplor lebih dalam z-space dengan 3D, atau belajar bagaimana untuk mempertimbangkan sistem yang kompleks dan mengidentifikasi peluang desain kontekstual sebagai pikiran interaktif Anda yang berkembang  untuk mempertimbangkan tingkat makro.

Untuk menyempurnakan keterampilan pitching Anda, pada trimester ini Anda berada dalam kerja industri dengan mentor industri secara intensif.

 

Kurikulum

  • Project Management 4: Graduate Project Planning
  • Industry & Career Preparation 4: Art of Pitching
  • Communication Design 4 (elective): Advanced Branding & ID
  • Interface Development 3 (elective): JQuery & JavaScript
  • Interactive Design 3 (elective): Systems Thinking
  • Motion Design 4 (elective): Title Sequences
  • 3D Graphics 2 (elective): Dynamics and Mograph

 

 

Trimester 5 dan 6

Deskripsi Instruksional

 

Building & Refining  Projects

 

Pada trimester 5 dan 6 Anda konsentrasi penuh pada kerja industri. Pada awal trimester 5 Anda telah menetapkan industri yang dipilih serta proyek riil yang akan dikerjakan. Proposal yang telah dikerjakan di akhir trimester 4 akan diseminarkan dan diuji publik di lingkungan akademik bersama dosen pembimbing dan mentor industri Anda.

Tujuan praktek industri ini adalah  untuk application of game design principles dan pengayaan materi, Integrasi media gerak 2D & 3D untuk menciptakan pengalaman yang lebih dinamis dan emosional, Transformasi strategi merek  dengan kemasan proyek yang indah, dan Eksperimentasi tools desain inti untuk membantu dalam mendefinisikan personal styles.

Akhir dari praktek industri adalah hasil karya nyata industri desain sesuai spesifikasi yang diambil dan Anda berada sebagai bagian dari team kreatif.  Karya ini Anda bukukan sebagai sebuah Tugas Akhir Anda selama kuliah di MAS. Hasil ini akan melengkapi dan menyempurnakan portofolio Anda yang akan Anda banggakan dalam pandangan ujian komprehensip Anda dengan paparan portofolio Anda.