Broadcasting

Program ini akan mempersiapkan SDM professional yang akan bekerja dalam lingkungan studio multicamera baik sebagai Mixing, Kamera, Lighting dan Audio.

Pelajaran dimulai dari teori dasar atas dimensi broadcast aplikatif dengan perangkat yang digunakan kualitas broadcast professional dengan teknologi terkini (digital broadcast). Bisa dikatakan ini adalah pembelajaran aplikatif kini dan masa depan sehingga dengan perkembangan technology perangkat keras yang begitu deras, mahasiswa MAS akan selalu menjadi yang terdepan.

Dosen dan mentor dari industri broadcast akan membina Anda dengan pengalaman nyata dan memberikan kepada Anda untuk membuat portofolio yang fantastis. Anda akan menjadi spesialis di antara teknilogi mixing, camera, lighting dan audio. Lebih dari itu Anda akan selalu bisa bekerja secara team dari masing-masing profesi ini karena Anda telah dipersiapkan dengannya.


Mahasiswa akan mempelajari secara detail dengan tiga spesialisasi:

Vision Mixing

Anda akan mepelajari tentang "switch programmes live" , dengan menggunakan berbagai metode transisi seperti, cuts, mixes, wipes, frame manipulation, dll . Dipelajari bagaimana cara untuk menggabungkan dan memanipulasi berbagai sumber visual  termasuk cameras, video play-out devices, graphic generators, digital video effects (DVEs).

 

Camera/Lighting

Bagaimana mengoperasikan kamera studio secara bersamaan (multi-camera shoots), menerima arahan kamera atas Komentar Balik dari sutradara.  Belajar bagaimana menggunakan script atau gambaran dari tim produksi untuk merancang pencahayaan tertentu agar terlihat  apa yang dibutuhkan dari setiap shot.     

 

Sound ( studio sound)

Bagaimana menyelaraskan (Mix) suara dari mic Studio dan feed lain yang terkait dengan program video  untuk menghasilkan output yang seimbang. Memantau kualitas dan proses penggunaan  audio yang sesuai untuk meningkatkan suara yang diperlukan. Selain mengatur dan mengelola “studio talkback systems” memungkinkan anggota team kunci produksi  untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif.